A. PENDAHULUAN
Hai Guys!,Apa kabar? pastinya baik-baik saja kan? semoga kita senantiasa diberikan kerahmatan dan kebesaran-Nya serta selalu diberikan kesehatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan yang diberikan-Nya.Untuk hari ini saya akan sharing tentang Perencanaan untuk PROJECT GOCAF RESTAURANT,untuk itu langsung simak baik-baik yaa...
B. LATAR BELAKANG
Seperti yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya bahwa saya bersama teman sekelompok saya sedang memulai dan akan mengerjakan PROJECT GOCAF RESTAURANT. Dan sebelum ke langkah awal pelaksanaan project, kami membuat sebuah perencanaan supaya untuk kegiatan selanjutnya bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan target yang diharapkan.
C. TUJUAN
C. TUJUAN
Penjabaran perencanaan ini bertujuan untuk mematangkan sebuah perencanaan pada project kami, mulai dari mencari masalah yang muncul supaya dapat segera diatasi hingga membagi pekerjaan dan tugas masing-masing sesuai SDM. Sehingga project dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang diharapkan.
D. WAKTU
08.00-16.00.
E. PEMBAHASAN
Nah, untuk perencanaan berikut ini adalah uraian yang saya buat dengan teman-teman untuk program kerja GOCAF RESTAURANT ini.
1. LATAR BELAKANG
1. LATAR BELAKANG
1. Pengertian :
Gocaf restauran merupakan metode untuk mempermudah sistem pemesanan
menu yang ada di cafe, rumah makan atau restaurant.
2. Fungsi : Gocaf
restauran ini memberikan solusi bagi pelanggan yang akan memesan
makanan di tempat restaurant tanpa harus menunggu pelayan untuk
memesan secara manual.
3. Maksud &
Tujuan: Mempermudah sistem pemesanan dan mengurangi biaya yang
dikeluarkan untuk pegawai, karena dengan sistem ini kita dapat
meminimalisir jumlah pegawai.
4. Target yang
diharapkan : Terbentuknya sistem pelayanan yang optimal dan
bermanfaat bagi perusahaan dan customer.
2. LANGKAH AWAL
PEKERJAAN
a. Mendengarkan
permasalahan.
Permasalahan yang
dihadapi saat ini yaitu disini kami menyimulasikan pada suatu
perusahaan restaurant/cafe/tempat makan yang sistem pemesanan makanan
menggunakan manual dengan pelayan. Dan disini kami mencoba memberikan
soulusi untuk memberikan pelayanan pemesanan menggunakan sistem
online.
b. Observasi
Lapangan (dilakukan pada saat tahap awal pekerjaan).
c. Mencari
Referensi dan Perbandingan Jenis Pekerjaan.
PRA PRODUKSI
-
Persiapan Alat & Bahan, menyiapkan segala keperluan dan kebutuhan alat serta bahan yang digunakan dalam membangun PROJECT GOCAF RESTAURANT supaya bisa digunakan dan diterapkan dengan baik dan mencapai target yang diinginkan.
-
Survey Lokasi, melihat lokasi dimana jaringan dibangun, bagaimana keadaan lokasi, serta penemuan masalah terkait lokasi sehingga permasalahan yang berkaitan dengan lokasi dapat dengan cepat diselesaikan sesuai kesepakatan.
-
Pengumpulan Data Awal, disini hal yang dilakukan adalah mengumpulkan semua data yang sudah didapatkan melalui survey lokasi beserta permasalahannya terkait Project yang akan dikerjakan.
-
Pembuatan Denah, yakni membuat lokasi dari informasi yang didapatkan pada saat survey lokasi bagaimana bentuk dari lokasi tersebut supaya dapat disinkronkan dan dikaitkan dengan topologi yang akan dirancang.
-
Pembuatan Topologi, yakni merancang bagaimana bentuk dan sistem jaringan yang akan dibangun mulai dari perangkat apa saja yang digunakan hingga bagaimana letak dari masing-masing komponen jaringan.
-
Crimping kabel.
-
Pasang Tower.
-
Menghubungkan Perangkat Physical.
-
Membangun Jaringan, yakni membangun sistem jaringan yang menghubungkan antara kantor pusat dengan kantor cabang. Disamping itu, administrator jaringan bertugas menyetting komunikasi dengan ISP supaya mendapat koneksi dan terhubung ke Internet. Setting hotspot juga dilakukan pada bagian ini yaitu meliputi login hotspot, template hotspot, dan mengatur user supaya setelah login langsung di redirect ke tampilan menu Restaurant Gocaf yang nantinya akan dilakukan pemesanan secara online dan pengguna masih tetap bisa menggunakan koneksi internet tersebut.
-
Membuat tampilan Menu pemesanan, untuk pembuatan tampilan menu dilakukan pengeditan html sesuai keinginan sehingga nantinya digunakan untuk tampilan pada saat Customer ingin memesan menu makanan maupun minuman.
-
Menyetting dan Mengoptimalkan Server.
-
Mensikronkan semua bagian mulai dari jaringan, tampilan web, hingga Server.
PRODUKSI
d. Perencanaan
Kebutuhan SDM & Pembuatan Rencana Tahapan Waktu Pelaksanaan
Pekerjaan.
No.
|
Sasaran
|
Target
|
Uraian Kegiatan
|
Penanggung Jawab
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Setting Jaringan di Router.
|
Menhubungkan jaringan dari pusat ke antar
cabang.
|
Menyetting Hotspot mulai dari cara
menghubungkan Router Pusat dengan ISP, kemudian cara
menyebarkannya ke 3 cabang, serta tmenginputkan tampilan hotspot
pada saat Customer login.
|
Imam Agus Setiono.
|
5 hari secara bersamaan sesuai tanggung jawabnya
masing-masing.
|
2.
|
Setting Desain Tampilan Web.
|
Pada saat Customer membuka tampilan web akan
tertarik dan meningkatkan keuntungan bagi pemilik Cafe.
|
Membuat tampilan login ke tampilan web
|
M. Dhaffa Adhi Ramadhan.
|
5 hari secara bersamaan sesuai tanggung jawabnya
masing-masing.
|
3.
|
Setting Desain Tampilan Web.
|
Pada saat Customer membuka tampilan web akan
tertarik dan meningkatkan keuntungan bagi pemilik Cafe.
|
Memasukkan data pemesanan pada sistem login
|
Imam Agus Setiono & M. Dhaffa Adhi Ramadhan.
|
5 hari secara bersamaan sesuai tanggung jawabnya
masing-masing.
|
4.
|
Mengoptimalkan Server.
|
Menyetting database pada Server sehingga
nantinya bisa menerima data dari Customer berupa data yang telah
dimasukkan di tampilan web tadi.
|
Pembuatan Database di Center,serta menghubungkan
ke 3 cabang
|
M. Dhaffa Adhi Ramadhan & Linda Nur Salekha.
|
5 hari secara bersamaan sesuai tanggung jawabnya
masing-masing.
|
5.
|
Mengoptimalkan Server & Mengsinkronkan
Jaringan yang Ingin Dibangun.
|
Bagian Jaringan dan Web bisa saling terhubung
dan mampu untuk melakukan sharing file dari bagian satu ke bagian
yang lain serta bisa mencapai target project yang diinginkan.
|
Melakukan pengecekan dan di observasi ulang
|
M. Dhaffa Adhi Ramadhan & Ita Istikomah.
|
5 hari secara bersamaan sesuai tanggung jawabnya
masing-masing.
|
e. Membuat
Perencanaan Anggaran.
No.
|
Nama Barang
|
Spesifikasi Barang
|
Harga Barang
|
Jumlah
|
Total Harga
|
1.
|
Server
|
Processor Intel Core i5 3.00 GHz sandybidge. RAM
8 GB DDR 3, HDD 500 GB, VGA Nvidia Quadro, DVD, Gigabyte LAN, Ada
Slot VGA PCI Express. 3 USB Port depan, 6 USB port belakang, dan
PS2 Port.
|
Rp. 4.100.000
|
4 buah
|
Rp. 8.400.000
|
2.
|
RouterBoard
|
Paket Indoor RB433AH + 1 mini PCI 100mw, ufl
pigtail, enclosure indoor + adptor 18 volt.
|
Rp.2.200.000
|
4 buah
|
Rp. 8.800.000
|
3.
|
Kabel UTP
|
Kabel jaringan UTP cable Badden Made in China,
jarak jangkauna 100 meter, panjang 305 meter.
|
Rp. 350.000
|
300 m
|
Rp. 350.000
|
4.
|
RJ-45
|
Connector RJ45 AMP cat5e Original TYCO. 100 pcs.
|
Rp. 50.000
|
1 bks
|
Rp. 50.000
|
5.
|
Tower
|
Panjang per stage adalah 5 meter, lebar 20 cm x
20 cm x 20 cm. Tiang vertikal besi beton polos 12 mm SNI. Isian
diagonal V besi beton polos 8 mm SNI, tangga horizontal besi
beton polos 8 mm SNI. Sling baja 4 mm, Spandcure 12 mm, Murbaud
M12, Klem sling 6 mm.
|
Rp. 1.000.000
|
4 stage
|
Rp. 4.000.0000
|
6.
|
Antenna Untuk Pusat
|
SEC2415DP-ITElite
2.4GHz 15dBi 90-deg Outdoor Antenna Dual-Pol N-Female
|
Rp 1.075.000
|
1 buah
|
Rp 1.075.000
|
7.
|
Antenna Untuk Cabang
|
Antena Omnidirectional 17 Dbi 2.4 GHz.
Polarization Vertical, Horizontal Beam Width 360, Impedance 50
Ohm, Max Input Power 100 Watts, Connector N-Female, Weight 1.6 kg,
Lenght 1.37 meter. Kabel Pigtail rg 58 Lenght 50 cm.
|
Rp. 425.000
|
3 buah
|
Rp. 1.275.000
|
9.
|
POE Injector
|
POE Adaptor AGK. Power 24V 1A.
|
Rp. 150.000
|
3 buah
|
Rp. 450.000
|
TOTAL
Rp. 24.400.000
|
3. TAHAPAN
PELAKSANAAN PEKERJAAN
a. Infrastruktur
Jaringan.
b. Mendesain
tampilan.
c. Mengoptimalkan
Server.
F. KESIMPULAN
Perencanaan sangatlah penting ketika kita ingin mengerjakan atau membuat sebuah Project, karena perencanaan adalah langkah yang paling awal pada sebuah Project. Jika perencanaan sudah matang maka untuk kedepannya tidak ada kendala, karena sudah mengikuti prosedur yang sesuai pada saat perencanaan.
G. REFERENSI
-
G. REFERENSI
-
H. PENUTUP
Sekian sedikit pemaparan dari saya tentang penjabaran perencanaan Project saya dengan teman sekelompok saya, semoga apa yang saya paparkan bisa bermanfaat bagi kalian semua baik untuk wawasan atau referensi ataupun untuk dipraktekkan, mohon kritik dan sarannya dan jangan lupa koment yaa… Sampai jumpa di postingan saya yang selanjutnya. Terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
0 comments:
Post a Comment