Monday, January 7, 2019

MELAKUKAN DISKUSI TENTANG PENJAJAHAN IT




Assalamualaikum Wr.Wb.








     Hai kawan,bertemu lagi dengan saya Linda,apa kabar kalian?pasti baik-baik saja kan?nah,kali ini saya akan menceritakan apa saja kegiatan yang saya lakukan di hari ini.langsung saja simak ya…


A. PENDAHULUAN

     Alhamdulillah  semoga kita diberikan kelancaran dalam menghadapi masalah dan ujian.

B. LATAR BELAKANG
   
     Membudayakan diri untuk membentuk karakter yang kuat.

C.TUJUAN

     Untuk melatih kemampuan bekerja sama dengan berdiskusi.

D.WAKTU

      08.00-16.00

D.PEMBAHASAN

     Karena Mbah sedang menerima tamu,untuk pagi hari ini pembelajaran dimulai agak tidak efisien,untuk menanggulangi ketidakefisienan itu,kami melakukan sharing bersama atau lebih tepatnya berdiskusi.Untuk diskusi kali ini Singgih Ardiansyah dari SMK N 1 PURBALINGGA menjadi moderator.Dia mengambil tema “PENJAJAHAN IT”.Penjajahan IT bisa berupa berita hoax dan besarnya akses internet yang digunakan untuk mengakses jejaring sosial terlalu tinggi.Berita hoax berupa penyebaran informasi yang tidak fakta (tidak sebenarnya),bisa melalui media sosial seperti Facebook,Instagram,Twitter,Line,dll.Cara menanggulangi berita hoax menurut pendapat dari Andre dari SMK N 1 TULUNG yaitu meningkatkan kinerja pihak yang bertanggung jawab menjaga keamanan data.Sedangkan pendapat Fery Lukmansyah dari SMK WALISONGO adalah bahwa setiap orang harus menimbulakn kesadaran pada dirinya sendiri serta pemerintah senantiasa memberikan peringatan kepada masyarakat.Untuk media pelaporan berita hoax bisa melapor ke aduankonten@gmail.kominfo.co.id dan juga bisa ke cybercrime@polri.co.id
     Pengguna internet untuk media sosial di Indonesia adalah 95% yang digunakan untuk update status,mengakses informasi,untuk pembelajaran,dan bisnis.Sedangkan 5% digunakan untuk yang lainnya.Hal ini sulit ditanggulangi karena warga Indonesia lebih menyukai cara belajar yang mengandung unsur hiburan yaitu secara to the point dan realtime.

     Hari ini Mbah menyuruh saya dan teman-teman untuk menceritakan bagaimana sih awal mula saya tau BLC,apa motivasinya untuk magang di BLC,bagaimana keadaannya setelah sampai di BLC,serta apa saja hambatannya.Setiap anak menceritakannya satu-persatu.

     Setelah jam istirahat,kemudian Mbah menyuruh saya dan teman-teman untuk mengisi formulir siswa yang magang di BLC TELKOM KLATEN.Mulai dari nama,alamat email dan blog,kontak,identitas sekolah,tanggal mulai dan berakhirnya magang,dll.Untuk mengirim data itu ke Mbah,saya harus bergabung terlebih dahulu ke GRUB Facebook yaitu BLC TELKOM KLATEN Students dan saya membutuhkan koneksi internet.Maka dari itu Mbah memberikan akses internet kepada kami.Akses internet yang sudah diberikan harus digunakan dengan sebaik-baiknya dan untuk mengakses hal-hal yang bermanfaat.Disamping itu Mbah juga memberikan sumber referensi untuk pembelajaran saya yaitu suatu portal pendidikan SMK N 1 BUKATEJA,yang didalamnya terdiri dari bermacam-macam ebook tentang materi pembelajaran.Kami diperintah untuk mempelajarinya serta mempraktikan supaya paham.

E. KESIMPULAN 

     Setelah saya membaca dan memahami tentang PENJAJAHAN IT,maka saya sudah satu apa saja bentuk dari PENJAJAHAN IT dan apa saja yang harus dilakukan.

F. PENUTUP

    Semoga yang saya sampaikan pada hari ini bermanfaat bagi kalian,sampai jumpa di blog saya yang selanjutnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment