Wednesday, May 22, 2019

Cara Memisahkan Traffic Browsing dan Game Online dengan Bandwidth Management

Assalamualaikum Wr.Wb.



A. PENDAHULUAN

Hai sobat, apa kabar denganmu? apakah baik-baik saja? Semoga kita semua selalu diberikan kerahmatan dan karunia-Nya untuk selalu menjalani kehidupan kita dengan penuh rasa syukur dan semangat dalam segala waktu yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Oke seperti biasa saya akan mensharingkan apa yang saya lakukan di BLC TELKOM KLATEN pada hari ini. Seperti pada postingan yang sebelumnya, saya masih melakukan Konfigurasi seputar Bandwidth dan untuk hari ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memisahkan traffic yang berbeda seperti Game Online menggunakan Bandwidth Management.

B. LATAR BELAKANG

Seringkali pada saat kita sebagai Server memberikan koneksi kepada Client, mereka akan menggunakan koneksi tersebut untuk kebutuhannya terakit dengan Internet seperti untuk mengakses sosial media, browsing, dan juga game online. Pada saat menggunakan ketiga hal tersebut maka akan sangat tidak efekfit karena kebutuhan dan kecepatan transfer data dari setiap traffic berbeda. Untuk itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatur traffic pada traffic jaringan sesuai dengan target yang diharapkan menggunakan mangement bandwidth.


C. TUJUAN

Supaya mengerti cara memisahkan traffic yang berbeda menggunakan Bandwidth Manengement.



D. WAKTU

15 Menit Pemahaman beserta Konfigurasi.



E. ALAT & BAHAN
  1.     Laptop.
  2.     Router.
  3.     Kabel UTP untuk menghubungkan Laptop ke Mikrotik.
  4.     Koneksi Internet.


F. PEMBAHASAN

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara mengatur bandwidth yang akan digunakan oleh Client mulai dari traffic Upload maupun Download. Nah, disini saya akan membahas secara spesifik lagi, yakni cara memisahkan traffic yang berbeda pada Bandwidth Management termasuk proses Upload dan Downloadnya.

Disini saya akan memisahkan traffic Browsing dan traffic Game Online, langkah-langkahnya antara lain:

1. Kita harus menyetting hotspot terlebih dahulu, hotspot ini akan menjadi perantara atau media Client untuk mendapatkan koneksi dari Server. Disini saya tidak akan menjelaskan bagiamana cara menyetting hotspot karena pada postingan sebelumnya kita sudah membahas hal tersebut.

2. Untuk memisahkan kedua traffic tersebut kita lakukan konfigurasi pada fitur Mangle. Mangle yang akan kita buat ada 4, yang terdiri dari mark untuk traffic browsing dan traffic game. Untuk yang pertama kita buat Mangle Mark Connection untuk Browsing. Masuk ke menu Mangle >> (+) >> Chain (forward), Src.Address (ip Client), protocol (tcp), Connection Mark (no-mark). Lanjut ke Tab Action >> Action (Mark-Connection), New Connection Mark (tidak harus sama dengan contoh) >> Apply & OK.




3. Kemudian setting Mangle Mark Packet untuk bagian Browsing. Masih di Tab Mangle >> (+) >> Chain Forward >> Connection Mark (isikan mark connection yang telah dibuat tadi). Pindah ke Tab Action >> Action Mark Packet >> New Packet Mark (tidak harus sama dengan contoh) >> Apply & OK.




4. Untuk selanjutnya kita lakukan konfigurasi pada Mangle yang akan kita buat untuk Mangle Mark Connection untuk Game. Masuk ke menu Mangle >> (+) >> Chain (forward), Src.Address (ip Client), protocol (tcp),  Dst.Port (isikan port game online yang akan digunakan Client). Lanjut ke Tab Action >> Action (Mark-Connection), New Connection Mark (tidak harus sama dengan contoh) >> Apply & OK.






5. Kemudian setting Mangle Mark Packet untuk bagian Game. Masih di Tab Mangle >> (+) >> Chain Forward >> Connection Mark (isikan mark connection yang telah dibuat tadi). Pindah ke Tab Action >> Action Mark Packet >> New Packet Mark (tidak harus sama dengan contoh) >> Apply & OK.




6. Setelah Mangle sudah kita buat tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.


7. Setelah itu kita buat settingan pada bagian Queue Tree, yakni traffic Upload browsing dan game serta traffic Download browsing dan game. Untuk yang pertama kita buat traffic upload total browsing dan game. Isikan Nama dan Max Limitnya kemudian Apply & OK.





8. Langkah selanjutnya kita buat Queue untuk Download browsing dan game. Isikan nama, pada opsi parent isikan Download total tadi, setting Limit At & Max Limit, jangan lupa Apply & OK.




9. Kemudian kita buat Queue untuk Upload browsing dan game. Isikan nama, pada opsi parent isikan Upload total tadi, setting Limit At & Max Limit, jangan lupa Apply & OK.




10.  Setelah semua disetting maka hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.



11. Selesai.



G. KESIMPULAN

Dari postingan kali ini dapat disimpulkan bahwa memisahkan traffic ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak, misalnya pada sebuah Warnet. Client atau pengunjung yang sedang menggunakan warnet tersebut tidak akan saling mengganngu karena sudah tersedia secara individu dari masing-masing traffic seperti traffic Browsing dengan Game Online, maka Client yang sedang bermain Game tidak akan terganggu oleh Client yang sedang melakukan Browsing.


H. REFERENSI
Mikrotik Indonesia - Cara Memisahkan Traffic.pdf



I. PENUTUP

Demikian sedikit ulasan dari saya tentang bagaimana cara memisahkan traffic yang berbeda dengan bandwitdh management pada Mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, baik ingin dipraktekkan atau hanya untuk referensi. Mohon kritik dan sarannya. Sampai jumpa di postingan saya yang berikutnya. Jangan lupa tetap kunjungi blog saya yaa. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

















 





0 comments:

Post a Comment